Nokia Lumia 520 Prapertunjukan | preview | Harga | Mobile88
Login Sign Up Contact Us Advertise
     
294 Users Online
Forgot your password?

Nokia Lumia 520 Prapertunjukan

Nokia Lumia 520 Prapertunjukan
Excellent   Very Good   Good   Fair   Poor  
Total Hits : 34931   Rated by : 19 user(s)   Vote Result :
Compare With Other Cell Phone / Tablet

Reference Price :
Rp.1,400,000.00 - 1,550,000.00

Deskripsi: Nokia Lumia 520

Nokia Lumia 520 merupakan smartphone yang hadir dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8. Nokia Lumia 520 ditenagai dengan prosessor dual core 1GHz




Ulasan: Nokia Lumia 520

Nokia Lumia 520, Smartphone Windows Phone 8 Termurah

Belum lama ini Nokia menghadirkan jajaran smartphone Windows Phone 8 terbaru, dan salah satunya adalah Lumia 520. Yang paling menarik dari Nokia Lumia 520 adalah banderol harganya yang terjangkau, dan menjadi smartphone Windows Phone 8 termurah untuk saat ini. Meski dibanderol dengan harga yang murah, tetapi smartphone ini tetap menawarkan fitur-fitur yang mumpuni.

Fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh Nokia Lumia 520 ini? Simak review Nokia Lumia 520 dari Mobile88.

Desain

Nokia Lumia 520 hadir dengan desain kotak yang simpel, pada bagian depan didominasi oleh warna hitam sementara bagian belakang didominasi oleh warna putih (perangkat yang kami tes berwarna hitam/putih, dan dipasaran tersedia juga pilihan warna hitam/hitam, hitam/biru, hitam/kuning, dan hitam/merah). Tidak ada yang spesial dari desain Lumia 520 ini, namun karena bentuknya yang kotak khas Nokia menjadikannya unik, berbeda dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Nokia Lumia 520 memiliki ukuran 119,9 x 64 x 9,9mm dengan bobot 124, dengan ukuran dan bobot seperti ini terasa pas digenggaman tangan dan juga mudah menggunakan dengan satu tangan. Namun karena Lumia 520 ini menggunakan material plastik yang licin, terkadang suka tergelincir dari genggaman.

Pada Nokia Lumia 520 terdapat dua port yakni port audio jack dibagian atas dan port microUSB dibagian bawah. Terdapat juga tiga tombol dibagian kanan yakni tombol volume, tombol power, dan tombol kamera.

Layar

Nokia Lumia 520 memiliki layar sentuh berukuran 4.0 inci, sangat cocok untuk anda yang tidak menyukai layar smartphone yang terlalu besar. Layarnya memiliki resolusi sebesar 480 x 800 piksel dan kerapatan piksel sebesar 233ppi, menjadikannya terlihat tajam. Yang paling saya suka dari layar Lumia 520 ini adalah tingkat sensifitas, kita tetap bisa menggunakan layar meski menggunakan sarung tangan.

Meski tidak dilengkapi dengan teknologi ClearBlack seperti saudaranya, Lumia 520 dilengkapi dengan fitur yang bernama Sunlight readability, dengan fitur ini kita tetap dapat melihat layar meski diluar ruangan dengan kondisi sinar matahari yang terang. Fitur ini cukup membantu, namun terkadang layar tetap tidak terlihat.

Kamera

Nokia Lumia 520 ini dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel autofocus yang mampu mengambil gambar dengan resolusi maksimal 2592 x 1936 piksel dan juga mempu merekam video HD 720p. Tampilan aplikasi kamera Lumia 520 sangat sederhana, terdapat menu untuk merubah ke fitur video record dan lens, dan setting untuk mengatur scenes, IOS, exposure, white balance, aspect ratio.

Fitur lens ini merupakan aplikasi kamera selain bawaan dari Windows Phone. Pada Nokia Lumia 520 terdapat aplikasi kamera seperti Smart Shoot untuk mengambil banyak photo hanya dengan sekali shoot. Tersedia juga berbagai aplikasi kamera yang keren di Store seperti Panorama, Creative Studio, dan aplikasi seperti Instagram. Terdapat juga tombol kamera pada smartphone ini untuk lebih memudahkan dalam mengambil photo dan yang paling menarik pada saat keadaan layar terkunci kita bisa langsung mengakses kamera dengan menekan tombol kamera sambil ditahan sebentar.

Untuk kualitas photo yang dihasilkan terbilang bagus, namun pada saat kondisi pencahayaan yang kurang photo yang dihasilkan menjadi banyak noise, karena memang smartphone ini tidak dilengkapi dengan lampu flash sebagai salah satu kekurangannya. Dan untuk kualitas video yang dihasilkan cukup bagus tidak patah-patah, dan mampu merekam video HD 720p.

Anda juga bisa mengatur agar setiap photo yang anda ambil terupload secara otomatis di Skydrive anda, jadi anda tidak perlu khawatir lagi koleksi photo anda akan hilang.

Multimedia

Nokia Lumia 520 memiliki aplikasi multimedia dengan tampilan yang sederhana, melalui aplikasi ini anda bisa mendengarkan musik dan podcast, dan juga bisa menonton video. Sayangnya pada smartphone ini tidak dilengkapi dengan fitur equalizer. Untuk video anda bisa menonton video full HD 1080p. Yang di sayangkan pada Lumia 520 ini tidak ada fitur radio FM, tetapi fitur ini bakalan hadir pada update Windows Amber yang dikabarkan akan dirilis pada tanggal 11 juli.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh Nokia Lumia 520 terbilang bagus, suaranya tetap terdengar jernih meski volume di set ke maksimal. Dan yang disayangkan adalah kualitas dari earphone bawaan yang kurang bagus, saya lebih suka mendengarkan musik melalui sepaker daripada melalui earphone bawaan.

Terdapat juga aplikasi eksklusif yang bernama Nokia Music anda bisa mendownloadnya di store. Dengan aplikasi ini anda bisa mendownload musik secara gratis.

Aplikasi dan Store

Sama seperti Android dan iOS, pada OS Windows Phone 8 juga terdapat Store dimana kita bisa mendownload berbagai game dan aplikasi baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun untuk aplikasi dan game saya rasa masih kurang maksimal, untuk game keren dengan grafis bagus masih sulit didapatkan, dan jika ada biasanya berbayar. Pada Store di Lumia 520 untuk membeli aplikasi dan game dengan cara potong pulsa, saya menggunakan kartu XL dan bisa langsung melakukan pembayaran.

Ada juga aplikasi Office pada setiap perangkat Windows Phone 8, dengan aplikasi ini anda bisa membuat dokumen Word dan Excel baru maupun mengedit yang sudah ada. Dan juga bisa untuk melihat dokumen PowerPoint.

Selain itu ada aplikasi Line, untuk chatting dengan pengguna smartphone lainnya. Sayangnya pada WP 8, aplikasi Line belum support fitur free call. Untuk melakukan free call kita bisa mendownload aplikasi WeChat yang ada di Store.

Hardware

Nokia Lumia 520 ini ditenagai dengan prosesor dual core 1GHz dan RAM sebesar 512 MB. Untuk kinerja keseluruhan terasa smooth, namun terkadang untuk membuka suatu aplikasi perlu menunggu waktu lama, mungkin masih ada bugs pada versi ini. Dan semoga saja pada update Amber nanti menjadi lebih smoot lagi.

Pada Windows Phone 8 sudah tersedia aplikasi benchmark seperti AnTuTu, dan saya pun iseng mencobanya. Nokia Lumia 520 saya mampu menembus angka 7139, lumayan tinggi.

Nokia Lumia 520 memiliki kapasitas memori internal sebesar 8 GB, total memori yang bisa digunakan adalah 7.2GB dan yang terpakai oleh sistem adalah 1.9GB. Sisanya masih cukup untuk menyimpan file musik dan video, namun bagi yang merasa kurang terdapat slot microSD yang sanggup menampung hingga 64 GB.

Konektivitas

Nokia Lumia 520 memiliki dukungan internet yang sangat cepat, dimana smartphone ini memiliki kecepatan HSDPA up to 21.1Mbps, namun kecepatan internet yang bisa didapat tergantung dari operator yang anda gunakan dan juga posisi dimana anda berada. Terdapat juga Wi-Fi 802.11 a/b/g/n yang bisa digunakan untuk internetan gratis di tempat-tempat publik yang telah menyediakan layanan Wi-Fi gratis.

Nokia Lumia 520 dilengkapi juga dengan Bluetooth 3.0, GPS, dan port microUSB 2.0. Dan yang perlu diingat adalah Nokia Lumia 520 menggunakan micro SIM, jadi anda harus memotong terlebih dahulu kartu SIM biasa anda.

Baterai

Nokia Lumia 520 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1.430mAh, Nokia mengklaim smartphone ini mampu bertahan hingga 360 jam waktu standby. Namun saya merasakan baterai 1.430mAh ini kurang mumpuni untuk Lumia 520. Setiap pagi sebelum berangkat saya charge Lumia 520 hingga 100%, dan begitu pulang baterai tersisa sekitar 60% jika saya tidak menggunakannya, namun jika saya gunakan untuk sms, telepon, chating, bermain game sebentar baterai bisa tersisa sekitar 20%. Saya selalu mengaktifkan dua akun email, Whatsapp, Line, WeChat, Facebook, Nokia Chat, Flux (RSS reader) dengan 3G, Wi-Fi dan Location dalam keadaan On.

Kesimpulan

Nokia Lumia 520 sesuai dengan harga yang ditawarkan. Smartphone ini menawarkan layar dengan kualitas yang baik dan tingkat sensifitas yang tinggi, kualitas kamera dan suara yang terbilang bagus di kelasnya, dukungan prosesor dual core, dan harga yang murah. Dan yang menjadi kekurangannya adalah tidak adanya kamera depan, lampu flash untuk kamera belakang, dan baterai yang terbilang boros.

Jadi jika anda menginginkan smartphone Windows Phone 8 termurah dengan tampilan yang tidak mainstream anda bisa memilih Nokia Lumia 520.

 

Phone List View all
© 2000 - 2013. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id