BlackBerry Z30 Prapertunjukan | preview | Harga | Mobile88
Login Sign Up Contact Us Advertise
     
787 Users Online
Forgot your password?

BlackBerry Z30 Prapertunjukan

BlackBerry Z30 Prapertunjukan
Excellent   Very Good   Good   Fair   Poor  
Total Hits : 72585   Rated by : 47 user(s)   Vote Result :

Deskripsi: BlackBerry Z30

BlackBerry Z30 merupakan perangkat phablet pertama dari BlackBerry yang akan hadir dengan layar sentuh Super AMOLED berukuran 5 inci (1280 x 720 piksel). BlackBerry Z30 menggunakan BlackBerry OS 10.2 dengan dukungan prosesor dual core 1.7GHz, GPU Adreno 320 dan RAM 2GB. BlackBerry Z30 dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel, kamera depan 2 megapiksel, memori internal sebesar 16GB, slot microSD up to 64GB, 4G LTE, Wi-Fi, NFC, baterai berkapasitas 2.880mAh.




Ulasan: BlackBerry Z30

Introduction

Blackberry memang sedang mengalami kondisi terpuruknya, dengan berbagai strategi marketing mereka sepertinya belum mampu untuk mengangkat kembali kejayaanya. Seperti produk mereka Blackberry Z10 yang gagal dikarenakan kurangnya aplikasi pada OS Blackberry 10. Blackberry Z10 memang tidak dapat bersaing dengan smartphone lainnya yang menggunakan metode touchscreen saat diluncurkan, kemudian Q10 dan Q5 memang memberikan sebuah pengalaman smartphone yang berbeda dengan keunikannya yaitu adanya keyboard qwerty, akan tetapi memang produk tersebut tidak dapat membuat penjualan mereka membaik. Kali ini Blackberry kembali mencoba peruntungan dengan meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Blackberry Z30. Dikatakan bahwa Z30 ini berbeda dengan produk lainnya, benarkah demikian?

Exterior & Design

Saat terlihat pertama kali, Blackberry memang terlihat memperbaiki segi desain yang ditampilkan. Smartphone ini mempunyai bentuk yang berkelas dan terlihat Blackberry lebih memperbaiki kekurangan yang terjadi pada Blackberry Z10. Kesan pertama yang akan kalian lihat adalah casing belakang yang sangat elegan dengan tampilan seperti carbon look yang digunakan juga pada Blackberry Q10. Dengan tampilan ini, terlihat Blackberry Z30 sangat kokoh dan berkesan premium. Terbungkus dengan baik pada semua sudut belakang, membuat nyaman saat digenggam.

Dengan ukuran yang cukup besar rasanya nyaman dan cukup aman serta tidak licin saat kalian menggenggamnya. Blackberry Z30 mempunyai ukuran dimensi 140.7 x 72 x 9.4 mm dan memang smartphone ini bukanlah yang tertipis, akan tetapi dengan ukuran  5 inci maka ini merupakan hal yang baik. Memang ukuran ini lebih kecil dari Sony Xperia Z1, tetapi masih sebanding dengan Samsung Galaxy S4. Mempunyai berat sekitar 170gr, yang merupakan hal umum dengan ponsel berukuran 5 inci akan tetapi tetap terasa berat untuk ponsel sejenisnya.

Pada bagian muka didominasi oleh lapisan kaca yang hampir mencapai sudut smartphone ini.  Dibagian atas tersisa ruang untuk speakerphone dan kamera depan dan terlihat lebih baik dari Z10. Dibagian bawah tersisa sebuah bar berwarna perak yang merupakan ruangan untuk perangkat dalam serta mic, dan merupakan sebuah desain yang menggabungkan semua aspek menjadi satu. Hal ini terlihat menarik karena perpaduan warna hitam dan perak. Disisi samping  terdapat bagian untuk kontrol volume, earphone jack, dan USB plug.

Blackberry Z30 mempunyai layar berukuran 5 inci Super AMOLED. Ukuran ini merupakan yang terfavorit pada ponsel Android. Sedangkan untuk urusan resolusi, Blackberry Z30 mencapai 1280 x 720 dengan kepadatan ppi mencapai 295 dengan tampilan 16:9 yang mirip dengan Z10. Walaupun Z10 menawarkan kepadatan yang lebih baik yaitu 356ppi, Z30 terlihat lebih pas karena penyesuaian interface yang baik walaupun para pesaingnya mampu untuk mensupport 1080p. Tetapi ini semua tentang desain yang menentukan dalam hal ini.

Layar terlihat cerah khas AMOLED yang mengartian bahwa permainan warna yang lebih nyata dan lebih tajam. Akan tetapi ini memang bukanlah yang terbaik diluar sana seperti LCD yang digunakan HTC One, tetapi dalam penggunaan sehari-hari ada sedikit keluhan disana.

Software & Internals

Blackberry Z30 pertama kalinya yang memakai OS BB10.2 yang merupakan OS terbaru dari Blackberry. Hal ini membuat system lebih cepat dan lebih baik dibandingkan saat Z10 hadir dengan dukungan OS BB10. Yang kita rasakan pada versi 10.2 memang diharapkan muncul pada Januari 2013 kemarin, akan tetapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

OS ini terlihat lebih berwarna yang terlihat dibeberap area interface dengan dukungan pengaturan cahaya agar lebih menghemat pemakaian baterai, akan tetapi hal ini terlihat lebih modern.

Adanya fitur baru Priority Hub yang akan memberikan sebuah pengaturan notice pesan. Kalian dapat mengatur kontrol Priority Hub dengan beberapa kondisi. Fungsi ini sangat membantu agar kalian bisa memanage kontak dari spam, mailing list, cc pesan, dan berbagai bantuan lainnya.

Pada BB 10.2 juga terdapat bantuan untuk layar kunci cepat yang terhubung dengan sebuah notifikasi. Sehingga kalian tidak perlu unlock telepon untuk melihat daftar notifikasi. Begitu LED menyala, kalian dapat melihat notifikasi tersebut tanpa membuka ponselnya. Ini berarti kalian hanya tinggal menekan tombol standby.

Blackberry Hub menghubungkan juga beberapa hal seperti pesan, social network, email, panggilan telepon, dan lainnya. Tetapi kelemahannya adalah kalian akan sering kembali pada lokasi terakhir kalian ketika kalian lock ponsel. Fitur terbaru lainnya adalah notifikasi pop yang akan muncul seperti pop up pada layar yang disebut sebagai instant preview.

BB10.2 ini memang terlihat lebih baik dengan hadirnya Blackberry Z30. Kesimpulannya bahwa OS terbaru ini memberikan sebuah pengalaman yang lebih baik dan lebih canggih dari yang dulu. Akan tetapi masih terdapat beberapa kelemahan seperti Blackberry Maps yang memang masih tertinggal dibandingkan Google Maps. Tetapi hal hal ini masih dapat di akali dengan menggunakan browser dan mengunjungi google maps. Untuk browsing sendiri BB10.2 mengalami peningkatan yang lebih baik sehingga tidak akan menemukan masalah yang berarti.

Jika yang menentukan sebuah smartphone yang "smart" adalah adanya dukungan aplikasi. Tidak adanya sebuah perubahan berarti menentukan masa depan juga. Sayangnya pada Blackberry, kalian harus menunggu kembali dengan waktu yang tidak ditentukan. Apalagi Blackberry dalam kondisi yang kurang baik saat ini.

Kamera

Blackbery Z30 menggunakan kamera dengan 8MP yang didukung LED Flash. Kamera ini menawarkan 5-element f/2.2 dan sensor BSI yang terdengar wah. Dalam kondisi cahaya yang baik,BB Z30 mempunyai hasil yang baik dan terkesan nyata. Tetapi dengan kondisi cahaya yang kurang, kemampuannya akan berkurang dengan adanya noise pada hasil gambar. Interface pada kamera juga terlihat lebih simple dengan adanya 3 pilihan. Adanya dukungan HDR (High Dinamic Range) dapat membantu hal dalam urusan jepretan.

Pada bagian depan , kamera 2MP  juga disisipkan yang mempunyai fitur fixed fokus sehingga terasa sangat blur ketika dalam kondisi kurang cahaya. Tetapi hal ini masih dapat diobati dengan hasil video yang baik, dan memang masih terdapat kekurangan seperti lambatnya respon autofokus. Dicoba beberapa kali dalam kondisi yang berbeda tetapi hasilnya tetap sama.

 

Performance                   

Performance BB Z30 meggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S4Pro Dual Core 1.7 Ghz Krait dengan GPU Adreno 320. Pada bagian memory disertakan sebuah RAM yang mencapai 2GB dengan kapasitas space sebanyak 16GB dan support microSD sampai dengan 64GB. Hal ini akan membuat performance menjadi lebih baik untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Namun dengan performance yang demikian tentunya akan membutuhkan banyak energi. Maka dari itu BB Z30 mendapatkan sebuah baterai dengan kapasitas 2800 mAh yang diklaim dapat bertahan lebih dari seharian dalam pemakaian yang cukup aktif. Ada kemungkinan bahwa2013-10-07 hal ini dipengaruhi oleh OS yang baru karena adanya pengaturan untuk menghemat daya baterai dan push notifikasi. Tetapi hal ini memang dirasa lebih baik dari Blackberry yang sebelumnya dengan sebuah penambahan performanec, kemudian dengan daya tahan baterai yang mengalami peningkatan drastis.

Kesimpulan

Blackberry Z30 saat ini memang yang terbaik dan terbilang paling sukses. Dengan layar yang besar, desain yang lebih baik dan baterai yang lebih tahan lama dalam pemakaian harian membuat ponsel ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Dengan OS baru yaitu BB10.2 membuat beberapa aplikasi mengalami kemajuan yang telah diperbaiki dari versi sebelumnya. Akan tetap memang hal ini seharusnya dimunculkan pada awal tahun yang mungkin saja bisa membawa dampak yang lebih baik dari saat ini.

Tetapi dengan beberapa hal kejadian yang Blackberry alami saat ini, memang sulit ditentukan nasibnya. BB Z30 memang terunggul saat ini dan memang ini yang seharusnya diharapkan, namun pertanyaannya adalah apakah kalian masih tertarik dengan Blackberry Z30 ini?

 

Phone List View all
© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id