Nokia N9 Prapertunjukan | preview | Harga | Mobile88
Login Sign Up Contact Us Advertise
     
378 Users Online
Forgot your password?

Nokia N9 Prapertunjukan

Nokia N9 Prapertunjukan
Excellent   Very Good   Good   Fair   Poor  
Total Hits : 279306   Rated by : 388 user(s)   Vote Result :

Deskripsi: Nokia N9

Nokia N9 merupakan smartphone MeeGo pertama dan menjadi smartphone pertama di dunia yang hadir dengan dukungan full touch screen tanpa ada tombol fisik didepan.




Ulasan: Nokia N9

By Loh Ving Sung

Keunggulan
- Desain one piece yang atraktif
- UI yang responsive
- Sistem operasi MeeGo

Kekurangan
- microSIM
- port microUSB susah dibuka

Nokia N9

Kali ini mobile88 kedatangan smartphone Nokia N9 yang merupakan smartphone pertama yang menggunakan platform MeeGo.

Paket penjualan : - Nokia N9 - Charger - Kabel microUSB - 3.5mm audio jack - Cover pelindung

Eksterior, kontrol, layar
Nokia N9

Kesan pertama yang kami dapat adalah perangkat ini sangat, sangat atraktif. Nokia N9 merupakan perangkat one piece dengan material polycarbonate, yang memiliki desain minimalis. Tidak ada tombol hardware dibagian depan, hanya ada tombol volume dan tombol kunci disisi sebelah kanan. Nokia N9 hanya memiliki tebal 12.1mm.

Pertama kali yang anda sadari adalah layar Amoled yang besar dengan ukuran 3.9 inci, dan hanya tersisa sedikit ruang disekitar layar. Layar Amoled Nokia N9 ini memiliki resolusi 480 x 854 piksel. Tampilan layar Nokia N9 terlihat jernih dan terang, dengan komposisi warnanya terlihat tajam. Dengan fitur anti glare, kita tetap melihat jelas tampilan pada layar meski dibawah sinar matahari, dan layar Nokia N9 dilindungi dengan Gorilla Glass yang menjadikannya tahan terhadap guncangan dan goresan.

Tepat dibagian atas terdapat slot microSIM, dan dibagian kanan terdapat port microUSB dan port 3.5mm audio jack.

Dibagian belakang terdapat kamera 8 megapiksel lengkap dengan LED flash. Dan lubang speaker terlihat dibagian bawah perangkat ini.

Kami agak kesulitan untuk membuka port microUSB untuk mencharge baterai dan kesulitan untuk melepas microSIM.

Nokia N9

Dibalik kasing, Nokia N9 ini ditenagai oleh prosessor 1GHz, RAM 1GB, dan Nokia N9 tersedia dalam dua pilihan 16 atau 64GB.

Software, Applikasi dan Game
Disamping desain yang menarik, Nokia N9 hadir dengan platform MeeGo 1.2 (Harmattan), yang diklaim Nokia hanya digunakan sekali pada Nokia N9, sebelum Nokia menghentikan project ini. MeeGo didesain khusus untuk Nokia N9 yang tidak memiliki tombol hardware, sehingga mengandalkan sentuhan jari kita untuk mengoperasikannya. Nokia memberikan sentuh yang berbeda pada MeeGo jika dibandingkan dengan Symbian. Tampilan aplikasinya terlihat seragam dengan icon yang memiliki desain bulat, dan fungsi dasar seperti telepon dan aplikasi waktu dirapikan sehingga terlihat lebih menarik.

Tekan dua kali pada layar (atau bisa juga menggunakan tombol kunci disisi kanan) untuk mengaktifkan telepon, anda harus menggeser kunci dari kiri ke kanan atau sebaliknya untuk mengunlock smartphone ini. Untuk menutup aplikasi bisa dilakukan dengan menggeser jari pada layar dari atas ke bawah. Terdapat tiga tampilan layar, social feeds, homescreen, dan multitasking.

Layar Social Feed mengkombinasikan semua fitur jejaring sosial dengan menampilkan semua update, sebelumnya anda harus login ke salah satu akun jejeraing sosial yang anda miliki. Layar home screen terdapat semua aplikasi yang kita install, kita juga dapat mengubah posisinya dengan menekan yang lama pada icon aplikasi. Dan layar multitasking menampilkan semua aplikasi yang berjalan, anda bisa mematikan aplikasi yang tidak diinginkan dengan menekan tombol X pada aplikasi. Anda juga bisa mematikan semua aplikasi yang berjalan sekaligus.

Nokia N9

Terdapat juga notification bar dibagian atas yang menampilkan semua notifikasi, dapat diakses dengan menyentuhnya. Pada notification bar menampilkan Nokia profile yang simple yang hanya ada pilihan silent, beep, dan ringing. Terdapat juga kontrol volume, pilihan konektivitas, dan juga pengaturan social media.

Untuk software, Nokia menjanjikan akan tetap merilis update untuk platform MeeGo. Nokia N9 juga hadir dengan aplikasi seperti Twitter dan Facebook, dan juga beberapa game termasuk Angry Birds, Galaxy on Fire 2, Need for Speed Shift dan Real Golf 2011.

Anda juga bisa mendownload banyak aplikasi, game dan music melalui Nokia Store dan Ovi Music. Web browser bawaan Nokia N9 hanya bisa menampilkan satu halaman.

Kamera, Video dan Audio
Perangkat high end Nokia pasti selalu dilengkapi dengan kamera dengan kualitas super dengan dukungan Carl-Zeiss optic. Begitu juga dengan Nokia N9 hadir dengan kamera 8 megapiksel dengan Carl-Zeiss optic.

Meskipun Nokia N9 memiliki kamera dengan megapiksel yang tinggi, namun kualitas gambar yang dihasilkan agak mengecewakan. Terdapat banyak noda pada gambar yang dihasilkan ketika menggunakan mode auto, jadi perlu usaha ekstra untuk membersihkan noda yang ada pada gambar yang dihasilkan. Kamera Nokia N9 memiliki fitur-fitur seperti flash, scene, face detection, dan masih banyak lagi. Kamera Nokia N9 juga mampu merekam video HD 720p.

Nokia N9

Fitur multimedia yang ditawarkan Nokia N9 sangat menarik, kualitas audio N9 sangat baik berkat dukungan teknologi Dolby Digital Plus. Menonton video pada layar 3.9 inci Nokia N9 juga sangan menghibur.

Konektivitas
Nokia N9 mendukungan jaringan HSDPA 1.4Mbps, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 3.0 dan GPS. Nokia N9 juga hadir dengan Near Field Communications (NFC). NFC memungkinkan kita untuk mentransfer data antar perangkat dengan jarak yang dekat, fitur ini dapat dijadikan sebagai sarana pembayaran. Untuk transfer data ke PC bisa melalui port microUSB dengan kabel data yang disertakan. Nokia N9 juga dapat dijadikan WiFi hotspot dengan maksimal perangkat sebanyak lima perangkat.

Nokia N9

Kesimpulan
Kekhawatiran dari platform MeeGo adalah ketersedian dukungan dimasa yang akan datang, karena Nokia sudah keluar dari project MeeGo dan focus terhadap perangkat berbasis Windows Phone 7.

Untuk anda yang suka narsis ataupun suka foto-foto sebaiknya menunda membeli perangkat ini tungu sampai update terbaru yang meningkatkan kinerja kamera dirilis.

Nokia N9 hadir dengan desain yang bagus, layar yang besar dengan kualitas yang bagus dan hadir dengan platform MeeGo yang sebenarnya bisa bersaing dengan Android dan iOS.

Nokia N9 merupakan perangkat yang sangat bagus, namun sangat disayangkan tidak adanya dukungan.

 

Phone List View all
© 2000 - 2013. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id