Kapal Tenggelam Itu Bernama BlackBerry | Mobile88

Kapal Tenggelam Itu Bernama BlackBerry

Sunday, September 01, 2013 10:37:17 AM
BlackBerry
 
Beberapa tahun lalu, BlackBerry lebih cenderung digunakan oleh para eksekutif ataupun pekerja kantoran yang cukup mapan untuk berkomunikasi dalam dunia bisnis. Namun lama kelamaan, seiring dengan ‘ledakan’ BlackBerry di pasar dunia dan (terutama) pasar Indonesia, BlackBerry mengalami evolusi kegunaan. Di Indonesia sendiri, BlackBerry tidak hanya digunakan oleh para pekerja kantoran seperti sebelumnya, tetapi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, bahka ada ungkapan, orang tidak punya saja masih bisa membeli BlackBerry untuk berkomunikasi.
 
Tidak hanya di Indonesia, BlackBerry juga cukup lama bertengger di singgasana pasar ponsel dunia, seolah tidak tergoyahkan. Tetapi, karena respon yang cukup lambat untuk selalu tetap berevolusi, BlackBerry mulai ketinggalan dari ‘lomba balap’ smartphone lainnya, seperti iPhone dari Apple, Galaxy Series dari Samsung serta smartphone Android dan Windows Phone lainnya. Perlahan tapi pasti, pasar dunia mulai beralih, meninggalkan BlackBerry dan mulai menggunakan smartphone lain.
 
Silih berganti, Apple lalu Samsung mendepak BlackBerry dari tahta produsen ponsel nomor 1. BlackBerry pun mulai mempersiapkan beberapa ‘amunisi’ tambahan seperti BlackBerry Playbook (yang sayangnya gagal) serta OS 10 yang dikembangkan sendiri oleh mereka. Grafik di bawahjuga seolah memperjelas bagaimana digdaya-nya BlackBerry di tahun 2008-2009 dan betapa hancurnya mereka di tahun-tahun setelahnya. 
 
BlackBerry
 
Kehadiran OS 10 pada BlackBerry Z10 dan Q10 akhirnya sempat memunculkan asa, terlebih di Indonesia, penjualan unit Z10 dan Q10 yang diklaim laris manis sepertinya dapat menjadi titik balik kebangkitan BlackBerry. Sayangnya itu hanyalah harapan semu belaka. Pendapatan dan penghasilan BlackBerry di tahun 2013 tetap merugi. Bahkan karena tekanan dari pasar yang begitu bertubi-tubi, BlackBerry bahkan memunculkan pernyataan, untuk menjual perusahaannya. Pernyataan yang langsung ditanggapi dengan negatif oleh para analis. 
 
Sekilas, BlackBerry masih menjadi perusahaan yang cukup menjanjikan, dengan hutang-hutang yang relatif kecil, dana yang masih melimpah dan tentu saja jumlah pengguna yang masih banyak di penjuru dunia, semua cukup mendukung bahwa untuk saat ini BlackBerry belumlah habis (dan masih dapat digolongkan sebagai perusahaan yang menguntungkan apabila diakusisi). Tetapi untuk jangka panjang, BlackBerry belumlah cukup baik. Kapal yang tenggelam itu bernama BlackBerry, perlahan tetapi pasti.
BTR

Related Stories:
Kapal Tenggelam Itu Bernama BlackBerry
Tips BlackBerry Q10: Home Screen Shortcuts
BlackBerry Q5 VS BlackBerry Q10

 
© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id