Perkembangan Handphone Yang Semakin Fleksibel | Mobile88

Perkembangan Handphone Yang Semakin Fleksibel

Tuesday, October 08, 2013 4:50:42 PM

Belakangan ini banyak sekali berita yang berhubungan dengan hadirnya ponsel dengan layar yang fleksibel yang secara harafiah dapat diartikan sebagai "selamat tinggal layar keras". Dari dulu sampai sekarang (setidaknya sebelum berita tersebut muncul ke permukaan), layar ponsel selalu kaku dan keras. Mulai dari seri ponsel monochrome yang paling jadul sampai ke iPhone 5S , Note 3, G2, dan sekelasnya yang sudah mengusung teknologi layar sentuh/touch screen.

Berawal dari kata telepon/telephone, tele berarti jauh, sedangkan phone berarti suara. Telepon diciptakan untuk menyampaikan suara dari jarak yang jauh. Seiring perkembangan teknologi, muncul kemudian istilah telepon selular atau ponsel yang memberikan kebebaskan kepada si pengguna untuk melakukan panggilan telepon tanpa jaringan kabel, sehingga si pengguna akan lebih bebas bergerak / mobile dalam aktivitasnya.

Awalnya layar pada ponsel hanya diciptakan untuk menampilkan angka dan huruf yang diinginkan si pengguna untuk memastikan kembali bahwa nomor yang ditekan sudah benar. Hal yang sama berlaku pada isi sms maupun phonebook, layar ponsel menampilkan nama atau kata yang hendak diketik oleh si pemilik.

Produsen ponsel saat itu berlomba-lomba untuk memberikan nilai lebih pada produknya sendiri yang akhirnya menghasilkan ponsel dengan layar berwarna. Ternyata perkembangan layar ponsel tidak berhenti di layar berwarna saja. Muncul ponsel dengan kamera yang tentunya menyertakan layar yang semakin tajam untuk menampilkan foto yang diambil oleh kamera ponsel tersebut. Sekedar untuk diketahui, ponsel dengan kamera pertama adalah Sanyo SCP-5300.

Lebih jauh ke depan, kamera yang disematkan pada ponsel juga semakin tajam. Hal ini tentu harus didukung oleh layar yang semakin tajam pula, karena jika tidak, maka kualitas gambar kamera tersebut tentu tidak akan maksimal untuk dinikmati melalui ponsel.

Perlahan namun pasti, fungsi ponsel mulai bergeser ke arah yang lebih jauh, tidak hanya sebagai penyambung suara, namun sekaligus merupakan alat serba-serbi yang bisa dibawa dengan mudah kemana saja. Dan layar memiliki peranan yang semakin dominan untuk menarik hati para pembeli. Layar yang berwarna, tajam, dan cukup lebar menjadi trend yang semakin dinikmati oleh para produsen ponsel.

Akhirnya layar ponsel semakin dominan dengan fungsinya sebagai alat input pada teknologi layar sentuh. Pengguna smartphone semakin dimanja dengan hadirnya teknologi ini, yang berarti segalanya berawal dari sebuah sentuhan saja, mulai dari melakukan panggilan telepon, chatting, SMS, browsing, menonton, dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Namun, dengan bentuk yang semakin lebar dan warna serta kerapatan yang tajam, maka layar ponsel semakin rentan untuk "cidera". Mulai dari terjatuh, terlempar, terbentur, hingga terendam, ada banyak cara yang bisa merusak layar ponsel. Bayangkan saja jika layar ponsel yang sedemikian dominan fungsinya ternyata tidak dapat berfungsi dengan baik atau malah rusak sama sekali.

Hal inilah yang akhirnya membuat produsen ponsel untuk melirik bentuk layar yang lebih luwes dan tidak gampang rusak, yang akhirnya mengantar kita pada teknologi layar lentur seperti yang dibuat oleh LG dan Samsung. Layar lentur yang dimaksud di sini adalah layar yang benar-benar lentur/luwes sehingga bisa dibelokkan dan tidak lurus kaku seperti layar pada umumnya.

Tentu saja ini merupakan sesuatu yang baru bagi dunia ponsel. Namun lebih jauh lagi, apakah di mata kita sebagai pengguna, teknologi ini akan sangat berarti? Atau mungkinkah hal ini hanya jadi euforia sesaat? Tentu akan ada pro dan kontra untuk hal ini terlepas dari sudut pandang pengguna yang berbeda-beda. Nah, bagaimana menurutmu?

rwin

Related Stories:
Microsoft Lumia 535 vs Lumia 530
Ubah Launcher Smartphone Windows Phone Kamu Seperti iOS 7 dengan Aplikasi Ini
Cara Mengisi Baterai Ponsel Lebih Cepat

 
© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id