Tablet Menjadi Ancaman Bagi Smartphone dan Netbook | Mobile88

Tablet Menjadi Ancaman Bagi Smartphone dan Netbook

Friday, March 04, 2011 12:00:00 AM

Tablet ZTE Light

Pasar tablet global merupakan pasar perangkat keras IT yang memiliki angka pertumbuhan tertinggi di tahun 2010. Pasar tablet global adalah pasar hardware Teknologi Informasi (TI) yang memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi di tahun 2010. Dianggap sebagai salah satu trend pasar utama TI untuk tahun yang akan datang, hampir 100 tablet baru diluncurkan pada tahun 2011. Dengan 18,3 juta tablet yang dijual tahun lalu di seluruh dunia, iPad memiliki pangsa pasar terbesar, sekitar 90% secara global.  

iPad yang diproduksi oleh Apple diperkirakan akan tetap mempimpin pasar tablet global dalam jangka pendek dan menengah. Namun, pendatang baru seperti RIM, Cisco, Avaya dan perangkat berbasis Android diperkirakan juga akan meraih pangsa pasar yang relatif cepat dalam jangka pendek.  

Dengan daya tarik kosumen yang kuat, belakangan ini sektor usaha menunjukkan adanya peningkatan minat dalam pengunaan tablet. Sebuah studi yang dilakukan oleh Frost & Sullivan untuk menganalisa peluang pertumbuhan utama di segmen ini. Namun demikian, dari total unit yang terjual di seluruh dunia pada tahun 2010, hanya 5 persen dibeli oleh sektor bisnis. Kedepannya persentase ini diharapkan akan meningkat dan mencapai 30 persen pada tahun 2015.  

Secara umum, tablet memiliki nilai jual unik yang sangat kuat terutama bagi sektor penjualan yang memiliki fokus industri yang bervariasi. Industri yang menjadi pelopor dalam penggunaan tablet adalah sektor farmasi, konstruksi dan consumer goods, yang telah memiliki kisah sukses bisnisnya tersendiri.  

Terkait aplikasi, kemungkinan besar yang akan paling sering digunakan adalah email dan sales support software, seperti CRM dan Business Intelligence tools.  

"Namun, masih ada faktor yang menghambat penetrasi tablet di pasar korporat, penggunaan & akses melalui tablet yang belum umum, terbatasnya pengembang aplikasi tablet, rendahnya jumlah data plans 3G, subsidi khusus Telco untuk tablet dan harga tablet yang tinggi di pasar lokal, " papar Iwan Rachmat, Senior Consultant, Information & Communication Technologies, Frost & Sullivan Indonesia.  

Iwan mengungkapkan bahwa demam Tablet PC di Indonesia mulai terasa sejak pertengahan 2010 dimana Apple mulai merambah dunia dengan Apple iPad-nya. Dari awal, pasar yang sedang demam "internet" sudah menunggu-nunggu kehadiran iPad di pasar � walaupun dengan antisipasi harga yang masih tinggi.  

Kehadiran iPad ini juga ditengah hangatnya demam netbook atau laptop dengan versi mini dan harga yang relatif terjangkau sekitar 3 � 4 jutaan. Merek global mulai dari Toshiba, HP, Sony, Acer, Asus, sampai merek lokal seperti Axio, semua menawarkan netbook dengan berbagai macam versi.  

"Pasar Indonesia menunjukan "demand" yang tinggi terhadap smartphone dan alat-alat komunikasi lainnya dimana salah satunya BlackBerry yang penggunanya sudah mencapai sekitar 3 juta � dimana sebagian besar penggunanya adalah youth segment," jelas Iwan.  

Indonesia juga merupakan pengguna Facebook terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan sekitar 30 juta pengguna dengan kelompok umur terbesar di antara 18 � 25 tahun.  

Menurut Iwan, secara umum hal-hal yang dapat mendorong penggunaan Tablet PC di Indonesia antara lain: Access (broadband) yang lebih baik, dimana saat ini penetrasi wireless broadband baru mencapai 17 persen di 2010, Device prices; dengan maraknya produk-produk saingan iPad seperti Samsung Tab, HP, Blackberry, Acer, diharapkan dapat menekan harga tablet menjadi lebih murah. Saat ini iPad masih dianggap sebagai tablet premium dengan harga sekitar 7 jutaan. Sementara di low-end Acer bisa didapat dengan harga 3 � 4 jutaan.  

O/S; saat ini Apple O/S dan Android masih dominan di pasar dan adopsi untuk O/S dari beberapa tablet PC ini kedepan akan menentukan keberhasilan penetrasi di pasar, Operator support; banyak penjualan tablet PC ini didorong juga dengan promosi dari pihak operator dalam bentuk program bundling. Internet tariff; tarif internet yang semakin murah dan penyelenggara yang semakin bersaing akan mendorong pengunaan layanan data/ internet yang lebih besar. Social networking; maraknya social network seperti Facebook (Indonesia terbesar kedua di dunia dibawah AS) dan Twitter juga secara tidak langsung mendorong pasar smartphone dan Tablet PC serta gadget lainnya yang men-support layanan data.  

Odie

Related Stories:
9 Penemuan Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2013
Apakah 9 Gadget Terkeren Ini Cocok Untuk Hadiah Natal Dan Tahun Baru?
Dari USB Modem Hingga ke Komputer Tablet

 
© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id