XL Mengembangkan 3G Network Di Sumatera | Mobile88

XL Mengembangkan 3G Network Di Sumatera

Tuesday, September 27, 2011 12:00:00 AM

 

Segera setelah mendapatkan kanal kedua (second carrier) 3G sebesar 10Mhz, XL terus melakukan pengembangan jaringan 3G di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar termasuk Sumatera. Serangkaian uji jaringan dilakukan di beberapa tempat seperti Batam dan Medan pada September ini. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan membuktikan kemampuan jaringan data. 

 

VP West Region Agus Simorangkir saat menguji jaringan 3G XL. (dok.XL)
 

Vice President XL West Region, Agus Simorangkir, mengatakan,“Jaringan XL di kota-kota besar di Sumatera telah siap dan mampu melayani kebutuhan masyarakat dalam komunikasi data.” Lebih lanjut lagi, Agus memaparkan,”Bahwa saat ini terjadi peningkatan penggunaan layanan data oleh pelanggan. Hal inilah yang mendorong XL untuk meyediakan dan mengoptimalkan jaringan tersebut agar seluruh pelanggan dapat terkoneksi, berinteraksi, dan bertransaksi dengan menggunakan jaringan data XL.” Uji jaringan di Batam dilakukan di Nagoya Hill 16 September 2011 lalu, dan berhasil mengunduh (download) file dengan kecepatan 0,6Mbps (tes 1), 0,69Mbps (tes 2), 0,77Mbps (tes 3), dengan menggunakan device modem 3G. Dan saat menggunakan BlackBerry Onyx II, dapat mengunduh film berformat 3gp berukuran 17,8MB dalam waktu singkat dengan kecepatan unduh mencapai 42,3 Kbps. 

Pengujian berikutnya dilakukan di Medan di Cambrigde Mall pada 22 September silam, dengan device Modem, BlackBerry, dan Smartphone lainnya. Menggunakan Modem, kecepatan download mencapai 0,71 Mbps dan Upload 0,35 Mbps. Sedangkan saat menggunakan BlackBerry dan mengunduh file dengan kapasitas yang sama, kecepatannya mencapai 762 Kbps. 

Agus menjelaskan bahwa semua site XL di Kota Medan sudah menggunakan second carrier, yaitu dua 3G per BTS, sehingga kecepatan yang didapatkan pelanggan akan lebih baik lagi. Di Medan sendiri terdapat 934 BTS diaman 252 BTS diantaranya sudah 3G, dan harapannya hingga akhir 2011 semua BTS sudah 3G. 

“XL di Medan dan Batam sudah menyediakan ‘jalan tol’ bagi pengguna atau pengakses jaringan data untuk berselancar dengan mulus.” Kata Agus. Target XL sendiri, Medan akan dijadikan kota terbesar ke-3 di Indonesia sebagai ‘Broadband City’, dengan syarat yang harus dipenuhi adalah infrastruktur jaringan telekomunikasi yang andal dan berkualitas, terutama untuk data. 

XL telah melayani lebih dari 30 juta pelanggan yangmenggunakan layanan data/internet XL (3G/2G) dengan dukungan 24.971 BTS pada akhir Juni 2011. 



Related Stories:
Dorong Penggunaan Layanan E-Money XL Tingkatkan Manfaat Layanan XL TUNAI
XL Hadirkan Paket Serbu yaitu Paket Serba Seribu
XL Luncurkan Kartu Prabayar XL Xensasi

 
Tips & Trik
View All >
 1 2 3 
© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id