Migrasi Jaringan XL ke IPv6 | Mobile88
Thursday June 10, 2010

Migrasi Jaringan XL ke IPv6

XL A
xiata

XL Axiata
Denpasar - Layanan internet semakin terintegrasi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pengguna layanan internet XL Axiata terus tumbuh selain voice dan SMS, pelanggan internet XL kini mencapai 13,5 juta pengguna. Untuk itu untuk mengantisipasi pertumbuhan pelanggan internet, XL secara bertahap sejak 2007 mulai melakukan migrasi sistem dari IPv4 ke IPv6. 

Direktur Network XL Dian Siswarini mengatakan,”Kami akan menyelesaikan migrasi ke IPv6 ini sebelum akhir 2010. Proses migrasinya sendiri telah kami lakukan secara bertahap sejak 2007. Dengan penerapan IPv6 oleh XL ini, selain akan bebas dari krisis IP di tahun-tahun mendatang, layanan internet XL juga akan tetap terkoneksi dengan jaringan internet global yang hampir semuanya akan berpindah ke IPv6.” Ujarny di Denpasar. 

Secara bertahap, XL sudah memulai migrasi ke IPv6 ini sejak 2007. Pada akhir 2010, semua proses perpindahan harus sudah selesai semuanya dan jaringan harus sudah terintegrasi pada semua jaringan XL. Dengan mengaplikasikan IPv6 pada seluruh jaringan, XL juga akan lebih leluasa saat akan menerapkan teknologi telekomunikasi terbaru seperti HSPA maupun Long Term Evolution (LTE) di masa yang akan datang.  

Selain itu, dengan implementasi IPv6 pada pelanggan tidak akan terisolir di kemudian hari karena saat ini semua pelaku industri internet di seluruh dunia sedang menuju implementasi IPv6 juga. Jika tetap bertahan dengan IPv4, maka layanan internet kemungkinan akan terhambat untuk melakukan akses di jaringan internet. 

Manfaat lain yang ada dalam IPv6 antara lain adalah mudah dikonfigurasi, dan dapat mengenali dengan cepat perangkat-perangkat yang berdekatan sehingga proses integrasi ke jaringan internet menjadi lebih efisien. Selain itu, dengan Ipv6 juga memungkinkan munculnya aplikasi yang sama sekali baru yang penerapannya sulit atau tidak mungkin di lakukan di IPv4, seperti misalnya pengenalan item berbasis ”bar code” serta ”RFID tags”, akan menemukan dimensi baru karena besarnya jumlah IPv6 memungkinkan setiap item dikenali secara unik. 

Ketika layanan internet semakin menjadi kebutuhan masyarakat alamat IP (Internet Protocol address) menjadi sesuatu yang sangat penting. IP Address adalah bagian paling vital dari sebuah proses mengakses informasi, serta berkomunikasi karena awal mula ketika sebuah perangkat terhubung dengan perangkat lain melalui jaringan internet adalah karena diaktifkannya IP Addresss di perangkat tersebut. Dengan adanya IP Address inilah memungkinkan terjadinya komunikasi antarjaringan yang terhubung ke internet. 

Saat ini pelanggan XL telah mencapai 32,6 juta, dan pengguna internet mencapai 13,5 juta pelanggan. Seiring dengan semakin murahnya layanan internet dan juga semakin banyak ponsel internet murah, diperkirakan pelanggan internet akan terus tumbuh di masa yang akan datang. Apalagi, saat ini semakin banyak manfaat yang bisa diperoleh masyarakat dari layanan internet. 

dik 

Related Stories:
XL Tingkatkan Bandwitdth BlackBerry Hingga 400 Mbps
XL Luncurkan White Onyx
Pelanggan Data XL Capai 12 Juta
XL dan Motricity Sediakan Layanan Mobile Internet
XL Coba Atasi BBM Alias BlackBerry Black Market
Internetan XL Cuma Rp 5000/Minggu 7,5 MB
M Facebook dan Unlimited Chat Mig 33
 


 
Harga Handphone
More Price >

© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id