Messenger-ran dengan WhatsApp, Tak kalah Seru Dibanding BBM-an | Mobile88
Friday January 21, 2011

Messenger-ran dengan WhatsApp, Tak kalah Seru Dibanding BBM-an

WhatsApp
Layanan BBM atau BlackBerry Messenger tengah digandrungi pengguna BlackBerry, dan kehadiran layanan BBM faktor utama kenapa konsumen memilih BlackBerry, hingga penggunanya pun terus bertambah yang diprediksi mencapai 3 juta pelanggan di Indonesia. Selain layanan BBM tersebut, layanan push email, chatting dengan Yahoo Messanger, Google talk serta browsing keunggulan pada BlackBerry.  

Apa itu BBM atau BlackBerry messenger, layanan ini merupakan layanan data berupa pesan, gambar dan video yang bisa di share ke pengguna BB lainnya, serta keunggulan lainnya dengan membuat group pada BBM. Tak aneh dengan BBM komunitas tercipta, entah itu komunitas sekolah, ibu rumah tangga atau pun hoby yang sama dan komunitas lainnya. Selain group, personal BBM juga tentu saja bisa dilakukan.  

BBM secara teknis berjalan di jaringan operator, hanya saja BlackBerry memiliki keunggulan dengan menyediakan server sendiri atau APN BlackBerry, yang berada di Canada, RIM pencipta BlackBerry telah mempelajari kenapa servernya berdiri sendiri, karena kecepatan pengiriman data dalam BBM salah satu faktor layanan ini bisa diandalkan. Keunggulan BBM ini selain cepat dan tepat, karena RIM memiliki server sendiri, makanya tak aneh bila RIM mencharge ke operator terhadap jasa layanannya tersebut.  

Kehadiran BBM sedikit banyak telah menggeser prilaku komunikasi pengguna SMS dan voice, paling tidak di 3 juta pelanggan BlackBerry tadi kini menggunakan BBM ke pengguna BlackBerry lainnya, ketimbang SMS dan suara. Apalagi pesan yang disampaikan sekadar informasi atau komunikasi singkat yang tidak perlu penjelasan panjang lebar. 

Selain itu kelebihan BlackBerry tentu pada layanan email dan push emailnya, sehingga pengguna BlackBerry merasakan kemanjaan menerima email seperti layaknya menerima SMS, bahkan dengan format file pdf atau photo dan video. Tak hanya itu, beragam aplikasi bisa dinikmati di BlackBerry dan tentu juga beragam layanan chatting. 

Terus bagaimana dengan vendor lain ? Nokia sebagai vendor raksasa di negeri ini sangat terusik dengan kehadiran BlackBerry, bahkan penjualan Nokia terus tergerus. Namun Nokia tidak putus asa, dengan nama kemampuannya Nokia kini pun telah siap pula dengan layanan seperti layaknya BBM. Namanya Whatsapp, layanan ini bisa didapatkan di Ovi Store Nokia secara gratis.  

Whatsapp tak ubahnya seperti BBM bahkan lebih luas karena menggunakan Operating System Symbian yang artinya bisa berjalan di banyak merek ponsel yang mayoritas memang menggunakan OS Symbian. Artinya Whatsapp bisa digunakan untuk antar merek ponsel. Bahkan bisa digunakan pula ke Blackberry , Iphone dan smartphone yang beraplikasi Android. Dengan cross platform ini Whatsapp bakal mendulang sukses bak layaknya BBM di BlackBerry, "tetapi sejauh ini memang Whatsapp tengah disempurnakan, karena saat ini masih versi beta," ujar Mark Susanto, Manager Product Quality Nokia Indonesia. " Tak lama lagi, ya sekitar pertengahan tahun Whatsapp lebih sempurna," jelasnya. Namun demikian, tak hanya layanan data, Whatsapp kini pun telah bisa menlakukan share video, GPS, dan photo, sedangkan untuk layanan group, kata Mark, menunggu hasil pengembangan dari Developernya yang berada di California Amerika Serikat. 

Keunggulan Whatsapp, meskipun mirip seperti layanan chatting, adalah selalu konek atau always connecting ke sesama pengguna Whatsapp, ya persis sama dengan BBM. Keterhubungan pengguna Whatsapp dengan pengguna Whatsapp lainnya yakni dengan mengandalkan nomor handphone, artinya setelah layanan Whatsapp di install di handphone kita, kita cukup memasukkan nomor telepon teman kita untuk dapat berkomunikasi, asal pula teman kita itu telah menginstal layanan tersebut. 

Bagaimana dengan system chargingnya ? sejauh ini Nokia merelease charging layanan data dengan empat operator di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat, XL dan 3. Pengguna Whatsapp cukup registrasi lewat *303*1# dan pilih biaya langganan yang diinginkan, baik harian, mingguan dan bulanan. 

Dengan hadirnya Whatsapp, pengguna ponsel yang ingin menikmati layanan seperti layaknya BBM tak perlu mengganti ponselnya ke BlackBerry, karena dengan Whatsapp Anda pun telah bisa ber Whatsapp ria persis sama dengan BBM.  

Tak hanya cross vendor untuk menyajikan layanan ini, Nokia Indonesia kini pun tengah memikirkan untuk menyediakan layanan Whatsapp di ponsel low end mereka, di seri Symbian 40. Karena pada Symbian 60 dan E Series layanan Whatsapp tentu telah siap digunakan. Dan juga siap digunakan untuk merek ponsel lainnya yang support internet. 

Odie  

Related Stories:
RIM Akan Luncurkan BlackBerry Curve Apollo
RIM Akan Luncurkan BlackBerry Storm 3
RIM Akan Luncurkan BlackBerry Dakota
Catatan Soal BlackBerry dari Kacamata Rakyat Jelata
RIM Akan Luncurkan BlackBerry Torch 2
 


 
© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id