Tips Mengatasi Kelelahan Saat Kerja Menurut SehatQ.com

Kelelahan saat bekerja sudah menjadi hal biasa bagi orang yang memiliki intensitas kerja yang tinggi. Khususnya bagi mereka pekerja kantoran yang selalu mendapatkan tekanan untuk menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Dalam hal ini, kelelahan bukan hanya sebatas fisik saja, kondisi psikologi juga harus mendapatkan perhatian yang baik. Tak jarang, seseorang menderita penyakit ketika banyak masalah yang harus dipikirkan.

Sebagai seorang pekerja yang memiliki tanggung jawab besar, kesehatan harus terus dijaga. Salah satunya dengan mengatur pola hidup agar tubuh tidak merasa kelelahan setelah menjalankan pekerjaan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan saat bekerja agar tidak membuat tubuh sakit.

5 Cara Mengatasi Kelelahan Saat Bekerja

Banyak faktor yang mengakibatkan seseorang kelelahan saat bekerja. Berikut tips dari SehatQ.com untuk Anda yang sering merasa capek dengan rutinitas pekerjaan yang dimiliki.

1. Mengatur Pola Makan

Menjalankan sebuah pekerjaan membutuhkan energi yang cukup agar tubuh tidak drop. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit, atur pola makan agar lebih teratur. Coba untuk lebih sering mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hingga buah-buahan.

Sering ngemil akan sangat membantu untuk menjaga energi tubuh untuk mendukung pekerjaan yang dilakukan. Tapi pastikan cemilannya sehat, jika memungkinkan bisa bikin sendiri untuk memastikan kualitasnya.

2. Mengontrol Berat Badan

Berat badan berlebih menjadi salah satu penyebab seseorang merasa sering kelelahan saat bekerja. Menjalani pekerjaan di kantor kerap membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan duduk menghadap ke komputer.

Hal itu membuat tubuh jarang bergerak dan lemak-lemak akan terus menumpuk. Berat badan yang berlebih juga akan membuat tekanan pada jantung yang mengakibatkan rasa lelah sering muncul.

3. Sering Berolahraga

Berolahraga sebelum berangkat ke kantor sebaiknya dilakukan untuk Anda yang bekerja kantoran. Olahraga juga bisa dilakukan saat berada di kantor. Beruntung jika Anda memiliki kantor yang menyediakan tempat olahraga sendiri. Dengan berolahraga, akan membuat otot-otot pada tubuh tidak kaku.

Selain itu juga akan membuat kesehatan mata terjaga. Olahraga memberikan waktu untuk mata Anda istirahat sejenak dari layar monitor komputer. Perlu diketahui, menurut info kesehatan yang banyak beredar, mata akan mudah lelah ketika terlalu lama menatap layar yang memancarkan cahaya yang lebih terang dari sekitarnya.

4. Bekerja Di Tempat yang Terang

Tempat yang terang akan memberikan energi lebih untuk bekerja. Kesehatan mata juga akan lebih terjaga dan tidak mudah mengantuk. Bekerja di ruangan yang gelap cenderung akan membuat Anda malas.

Ruangan gelap juga akan membuat cahaya yang dipancarkan layar komputer yang terlalu terang. Hal itu sangat beresiko membuat mata cepat lelah bahkan bisa merusak kesehatan mata. Bekerja di dekat jendela akan membuat Anda jauh lebih nyaman, selain mendapatkan cahaya dari luar, udara yang dihirup juga jauh lebih segar.

5. Tidur dengan Teratur

Jika Anda bekerja pada siang hari, coba untuk memberikan lebih banyak waktu tidur untuk tubuh pada malam hari. Kurangnya waktu tidur bisa membuat Anda cepat merasa lelah saat bekerja. Tidur juga akan mengembalikan energi yang sebelumnya sudah dihabiskan. Dengan energi yang prima, Anda akan lebih fokus untuk bekerja dan terhindar dari kelelahan saat bekerja.

Itulah tips menghindari kelelahan saat bekerja menurut SehatQ. Anda bisa mempraktekan tips ini agar tubuh tetap bugar saat bekerja. Jangan sampai tubuh yang kelelahan membuat pekerjaan Anda tidak kunjung selesai.

Tinggalkan komentar