Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara

Penyebab Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara

Hindu yang tercatat sebagai kerajaan tertua kedua ini adalah kerajaan yang pernah menguasai Jawa pada masa itu. Berbagai peninggalan berupa prasasti menjelaskan betapa berjayanya Kerajaan Tarumanegara saat itu, terutama saat berada di bawah kepemimpinan Raja Purnawarman. 

Namun sayangnya, kejayaan itu tidak bertahan lama begitu pula keberadaan Tarumanegara. Hingga sejarah mencatat kerajaan ini runtuh. Ada banyak sumber yang menyebutkan penyebab runtuhnya Kerajaan Tarumanegara ini. 


Penyebab Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara, Mulai dari Serangan Kerajaan Lain Hingga Perpecahan

Pada dasarnya setiap kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia kemudian mengalami keruntuhan, pasti memiliki penyebab tersendiri. Keruntuhan Kekuasaan Tarumanegara tidak hanya dikisahkan dari peninggalan-peninggalan yang ditemukan di dalam negeri saja. Bahkan ada pula sumber berita dari luar Nusantara yang mengabarkan tentang keruntuhan kerajaan ini. Berdasarkan berbagai sumber, keruntuhan kerajaan ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal berikut.


1. Serangan dari Kerajaan Lain

Faktor utama penyebab keruntuhan Kerajaan Tarumanegara adalah karena adanya serangan dari kerajaan lain. Salah satu serangan besar yang kemudian meruntuhkan kerajaan ini adalah serangan dari Majapahit saat Tarumanegara berada di bawah kepemimpinan Raja Sudawarman.

2. Pengalihan Kekuasaan

Tanda kemunduran Tarumanegara sebenarnya sudah terlihat saat Raja Linggawarman bertahta. Ia tidak memiliki penerus tahta karena Raja Linggawarman hanya memiliki dua orang putri. Tahta ini akhirnya jatuh ke tangan menantunya, yaitu Raja Tarusbawa. Pengalihan kepemimpinan inilah yang kemudian dianggap menjadi cikal bakal keruntuhan Tarumanegara.

Tarusbawa yang kala itu adalah raja dari Kerajaan Sunda, salah satu kerajaan daerah di bawah kekuasaan Tarumanegara, justru memilih mengembangkan Kerajaan Sunda. Kebijakan ini kemudian menyebabkan Kerajaan Galuh memisahkan diri dari kekuasaan Tarumanegara.

Akibat dari kebijakan ini jugalah yang kemudian mendorong Kerajaan Galuh meminta kepada Tarusbawa untuk membagi wilayah dari Tarumanegara agar dibagi dua. Raja Tarusbawa yang kala itu sebisa mungkin menginginkan agar tidak terjadi perang saudara pun menyetujui permintaan tersebut.


3. Kekosongan Kepemimpinan

Hal lain yang dianggap menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Tarumanegara adalah kekosongan kepemimpinan. Hal ini terjadi saat masa kepemimpinan Raja Tarusbawa. Pada masa itu, Raja Tarusbawa menyetujui pemecahan Tarumanegara menjadi dua bagian, dimana salah satunya adalah Kerajaan Sunda. Pada saat itulah, Raja Tarusbawa justru lebih memilih untuk mengembangkan kerajaan baru ini dibandingkan mempertahankan Kerajaan Tarumanegara.

Sebagai sebuah kerajaan yang pertama muncul di Indonesia serta pernah mengalami masa kejayaan, periode yang dialami Tarumanegara memang terbilang cukup singkat. Kerajaan ini bahkan tidak bertahan lebih dari 12 kali pergantian tahta kekuasaan. Ada banyak sumber yang menjelaskan tentang penyebab runtuhnya Kerajaan Tarumanegara ini, diantaranya adalah beberapa faktor keruntuhan yang dijelaskan di atas. Meski begitu, masih belum terjawab dengan jelas alasan tepat yang membuat kerajaan ini runtuh.


Penyebab Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara - Mobile88

Belum ada Komentar untuk "Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel